06/06/12

Tips Mencegah Saluran Kitchen Sink Mampet

Seringkali orang dibuat pusing apabila saluran pembuangan air dari Kitchen Sink mampet karena air tidak bisa terbuang dan hanya tertampung didalam bowl kitchen sink. Penyebab mampetnya saluran kitchen sink bisa dari sisa kotoran makanan yang masuk kedalam saluran, atau bisa juga akibat pemasangan saluran pembuangan air yang tidak tepat.

Apabila pemasangan pipa saluran pembuangan air kitchen sink ini tidak tepat bisa berakibat kurang menyenangkan pada dapur anda, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan bila saluran berada pada bagian yang tertutup lantai bangunan adalah membongkarnya agar bisa diketahui pada saluran pipa mana yang bermasalah. Tentu biaya bongkar pasang ini memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Oleh karena itu sebelum memasang kitchen set anda  harus memastikan terlebih dahulu bahwa saluran pembuangan terinstall dengan baik, berikut ini adalah beberapa tips mencegah saluran kitchen sink mampet.

Kualitas Saluran Pipa. Pada saat membuat saluran pipa pembuangan air untuk kitchen sink, anda harus memastikan terlebih dahulu bahan dasar pipa tersebut. Sebaiknya anda pilih pipa yang tidak mudah patah atau bocor. Hindari penggunaan pipa yang terbuat dari besi karena akan lebih mudah berkarat , patah dan rusak. Apabila menggunakan pipa PVC, sebaiknya pilih yang tebal dan elastis serta memiliki spesifikasi sebagai pipa untuk saluran pembuangan air.

Tingkat Kemiringan Pipa. Kemiringan ideal pipa saluran air yaitu 2 derajat , sehingga air yang mengalir dari kitchen sink dapat langsung mengalir keluar tanpa hambatan.

Penyaring Kotoran. Untuk mencegah agar sisa makanan tidak masuk kedalam pipa saluran pembuangan air, sebaiknya anda memasang penyaring kotoran pada kitchen sink. Dan setiap kali anda selesai mencuci peralatan sebaiknya anda bersihkan penyaring kotoran tersebut.

Apabila terlihat tanda-tanda saluran air mampet , seperti kecepatan aliran air melambat dan muncul gelembung-gelembung air , segeralah berhenti mencuci, keringkankan kitchen sink anda dan guyur menggunakan air panas. Mengapa air panas? Karena air panas dapat menghilangkan lemak atau sisa makanan yang menempel pada pipa. Apabila ternyata mapetnya semakin parah dimana air semakin sulit mengalir anda bisa gunakan soda api.

Pada kondisi yang paling parah dimana semua cara sudah tidak berhasil, mungkin sudah saatnya bagi anda untuk membongkar pipa saluran kitchen sink dan mencari tahu letak permasalahannya.

0 comments:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►