18/07/12

Tumbuhan Obat untuk Kanker

Tumbuhan Obat untuk Kanker - Tumbuhan obat banyak tumbuh di Indonesia, hal ini dikarenakan iklim Indonesia yanag sangat mendukung untuk ditumbuhi banyak tumbuhan. Tumbuhan obat dapat dimanfaatkan sebagai Obat Kanker dan Obat Tumor.

Berikut ini beberapa daftar tumbuhan obat alami untuk kanker.

1. Daun Sirsak
Daun sirsak mampu memperlambat dan membunuh sel kanker, hal karena kandungan acetogeninns yang dapat membunuh sel-sel kanker dan tanpa menggangu sel-sel tubuh lainnya yang sehat. Daun sirsak bekerja secara alami, aman dan efektif, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang sering terjadi menggunakan terapi kemoterapi.

2. Keladi Tikus
Di Indonesia sudah banyak penelitian dilakukan atas tanaman ini. Dr. Dyah Iswantini, periset di Pusat Studi Biofarmaka IPB menemukan bahwa ekstrak Keladi Tikus dengan air demineralisasi menghambat 76,10% enzim tirosin (enzim yang diduga sebagai promotor perkembangan kanker). Tak kalah menarik adalah hasil penelitian dari Peni Indrayudha dari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang membuktikan ektrak daun Keladi Tikus memotong rantai DNA sel kanker sehingga menggagalkan sel kanker berkembang.

3. Sarang Semut
Kandungan flavonoid dalam Sarang Semut berfungsi melawan tumor/kanker, misalnya inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.Beberapa jenis kanker yang dapat disembuhkan dengan sarang semut adalah kanker otak, kanker hidung, kanker payudara, kanker lever, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, serta kanker darah (leukemia), kecuali kanker tenggorokan dan rongga mulut.

4. Jahe
Peneliti asal India Y.Sukha dan M.Singh  telah berhasil mengidentifikasi beberapa senyawa yang berfungsi sebagai anti kanker. Senyawa tersebut diantaranya vallinoid, gingerol, paradol, shogaol, dan Zingeron.

5. Akar Kuning
Baru-baru ini ditemukan tanaman anti kanker di hutan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tanaman yang ditemukan oleh peneliti asal Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Solo, Sulanjari itu adalah Akar Kuning (Arcangelicia flava). Tumbuhan itu berkhasiat obat anti malaria dan mengandung anti kanker, dan tanaman ini masih dalam penelitian untuk mengetahui manfaat lainnya.

Dengan semakin banyaknya ditemukan tanaman obat untuk penyakit kanker, diharapkan hal ini menjadi titik cerah bagi para penderita penyakit kanker dalam mencapai kesembuhan. tentu saja dengan cara yang alami dan aman.

0 comments:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►