19/09/16

Waspadalah Saat Mengendarai Mobil Saat Cuaca Mendung

Berkendara saat cuaca cerah namun bukan panas terik, pasti adalah hal yang disukai oleh sebagian besar masyarakat. Jelas, dengan cuaca yang cerah, jarak pandang kita akan lebih luas dibandingkan ketika cuaca gelap. Selain itu, orang juga cenderung berkendara dengan tenang, karena tidak merasa kepanasan akibat panas yang terik ataupun ketakutan akan kehujanan di jalan ketika cuaca mendung. Sehingga, kemungkinan terjadinya kecelakaan yang akhirnya memaksa kita untuk berurusan dengan asuransi mobil pun akan menjadi berkurang.

Akan tetapi, tidak mungkin kita berharap cuaca akan selalu sama setiap kali kita berkendara. Apalagi ketika memasuki musim hujan, hal ini akan menjadi hal yang sulit untuk didapatkan. Setidaknya, kita akan sering dihadapkan pada situasi menyetir ketika cuaca sedang mendung. Mungkin banya yang menganggap bahwa menyetir dalam kondisi cuaca mendung sama saja dengan cuaca normal. 

Padahal, tidak seperti itu. Penyebabnya, karena banyak pengguna jalan lain yang memiliki risiko kehujanan pasti akan berusaha untuk mencapai tujuannya sebelum hujan benar-benar turun. Nah, inilah yang membuat mereka menjadi kurang waspada dengan kondisi disekitarnya. Biasanya, pengguna jalan yang seperti ini adalah pejalan kaki dan pengendara sepeda motor.

Nah, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, tentulah kita sebagai pengendara kendaraan roda 4 atau mobil lah yang harus mengalah dengan mereka. Berikanlah mereka jalan ketika mereka membutuhkannya. Sebab, kita sebagai pengendara mobil kan tidak mungkin kehujanan di dalam mobil. Berbeda dengan mereka yang bisa kebasahan ketika hujan turun, apalagi jika hujan disertai angin. Sebab itulah, akan lebih baik jika kita lah yang mengalah pada mereka.

Selain itu, kita juga harus menyetir dengan konsentrasi penuh. Seperti yang sebelumnya disebutkan, bahwa para pengendara motor dan pejalan kaki ini cenderung kurang waspada. Sehingga, terkadang mereka akan melakukan hal-hal yang cukup berbahaya hanya agar bisa cepat sampai tujuan sebelum hujan turun. Misalnya saja, tiba-tiba menyebrang atau memotong jalan. Hal ini, akan dapat segera kita atasi jika kita sedang dalam konsentrasi penuh. Namun, akan sangat berbahaya jika kita menyetir dalam kondisi kurang waspada, karena dalam kondisi seperti ini respon kita dalam menghadapi hal tak terduga cenderung lambat.

Jadi, tetaplah selalu waspada dalam berkendara ya. (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►